Selasa, 22 September 2015

Panineungan (Download Mamaos Wanda Papantunan Mp3)




Nasib Tembang Sunda Cianjuran

Mengenang seni Sunda kalangenan Mamaos (Tembang Sunda Cianjuran) yang hampir punah tergerus jaman. Dahulu di Bandung dan daerah sekitarnya masih sering terdengar siang atau malam orang senang mendengarkan lagu tembang cianjuran, baik mendengarkan dari kaset ataupun dari radio terutama wilayah Prahyangan. Sekarang ? Jangankan di Bandung sebagai daerah gudang seniman, mungkin kiblatnya seni sunda Jawa Barat pun sudah langka orang mendengarkan Cianjuran ataupun Kacapi Suling. Masih untung TVRI Stat. Bandung masih rutin menyiarkan Tembang Sunda Cianjuran walau pun setiap dua minggu sekali
Beberapa waktu yang lalu bekunjung ke daerah, selepas isya duduk santai sambil mendengarkan mamaos Euis Komariah, duriat teu sarasa. Orang-orang yang lewat mengatakan duh Bu serasa ada di Bandung mendengar kacapi suling, Padahah di Bandung sendiri ya begitu. Tak percaya ? Silahkan buktikan .... hehe.
Tahun-tahun yang lalu masih banyak kaula muda yang mempelajari Seni Tembang Sunda Cianjuran, mungkin hal tersebut termotivasi adanya berbagai Pasanggiri Cianjuran. Pasanggiri Cianjuran yang paling bergengsi tentu saja yang dilaksanakan oleh Damas. Ada pula yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan masih banyak lagi.Selain itu yang memotivasi seniman daerah mempelajari Tembang Sunda Cianjuran, Ada Pamager Asih yang suka berkunjung ke tiap Kabupaten. 
Dengan adanya dua kegiatan Tembang Sunda Cianjuran tersebut jangankan di daerah Parahyangan, daerah yang berbasis kesenian atraktif pun mempelajarinya. Contohnya Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta dan beberapa daerah lainnya sibuk menyiapkan diri untuk menyambut baik Yayasan Pamager Asih maupun mengikuti Pasanggiri.
Kehidupan Tembang Sunda Cianjuran seperti saat ini selain karena faktor diatas mungkin masih banyak faktornya. Selain faktor daerah, mungkin tidak lepas dari peranserta pemerintah. 

Maaf hanya kira-kira, saya bukan penembang hanya penikmat mamaos yang merasa kehilangan. Hapunten Kang H. Yus Wiradiredja, Kang Ubun Kubarsah, Teh Ida Widawati, Teh Nina K Soepandi sareng rengrengan inohong Tembang Sunda Cianjuran.
Bagi anda yang suka dengan lagu-lagu Tembang Sunda Cianjuran silahkan ambil sesuka anda, saya punya beberapa koleksi Tembang Sunda Cianjuran.

Download Mamaos Wanda Papantunan
1. Papatet-Mupu kembang Pan. Jalan satapak - Ani Sukmawati
2. Goyong petit - dangdanggula paniisan pan. Jeritna hate  - Neneng Dinar
3. Teja mantri - goyong, pan. Priyangan katresnan  - Ani Sukmawati
4. Mupu kembang, raja mantri - budak ceurik - Ani Sukmawati
5. Papatet ratu, pangapungan, mangu-mangu-goyong - Mamah Dasimah
6. Mangu-mangu-Kaleon_Palangsiang - Rosyanti
7. Papatet_Balagenyat-Mustia, Rosyanti
8. Nataan gunung - Bulan tumanggal - Mamah Dasimah


1 komentar: